Laporan Praktikum Sistem Digital

Puji syukur kehadirat tuhan yang Maha Esa atas segala berkat serta anugerah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan Laporan Praktikum ini dengan baik dan dalam bentuk yang sederhana. Semoga laporan ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan petunjuk maupun pedoman bagi pembaca mengenai pengetahuan dasar mengenai khususnya materi Sistem Digital.
Pada pembahasan dibawah ini, kami sajikan materi mengenai cara membuat simulasi rangkaian elektronika yang menggunakan project board. Dalam Laporan Praktikum ini, kami tidak lupa menyajikan contoh simulasi beberapa gerbang logika yang dapat anda lihat pada daftar dibawah. Semoga laporan ini menambah pengetahuan bagi pembaca, walaupun masih banyak terdapat kekurangan dalam laporan ini. Akhir kata kami sampaikan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat. Jangan malu untuk mengkritik karena kiritik dan saran anda akan membantu kami untuk pembuatan Laporan Praktikum Sistem Digital berikutnya agar menjadi lebih baik, Terimakasih.

Dasar Teori
Gerbang (gate) dalam rangkaian logika merupakan fungsi yang menggambarkan hubungan antara masukan dan keluaran. Untuk menyatakan gerbang-gerbang tersebut biasanya digunakan simbol-simbol tertentu. Ada beberapa standar penggambaran simbol. Salah satu standar simbol yang populer adalah MIL-STD-806B yang dikeluarkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk keperluan umum pada bulan Februari 1962.Untuk menunjukkan prinsip kerja tiap gerbang seperti: AND, OR, NOT, NAND, NOR, XOR, dan XNOR dapat digunakan beberapa cara. Cara yang umum dipakai antara lain adalah tabel kebenaran (truth table). Karena merupakan rangkaian digital, tentu saja level kondisi yang ada dalam tabel atau diagram waktu hanya dua macam, yaitu logika 0 (low, atau false) dan logika 1 (atau high, atau true).

Contoh Rangkaian
Berikut adalah beberapa contoh simulasi rangkaian digital pada project board :

Gerbang OR
Gerbang Logika OR akan berada pada kondisi ON apabila salah satu inputnya berlogika 1.

Gerbang AND
Gerbang Logika AND akan berada pada kondisi ON apabila semua inputnya berlogika 1.

Gerbang NOT
Gerbang Logika NOT akan berada pada kondisi ON apabila inputnya bernilai 0 (output berkebalikan dari input).

Gerbang NOR
Gerbang logika NOR merupakan kebalikan dari gerbang logika OR akan berada pada kondisi ON apabila semua inputnya berlogika 0.

Gerbang NAND
Gerbang logika NAND merupakan kebalikan dari gerbang logika AND akan berada pada kondisi ON apabila salah satu inputnya berlogika 0.

Sekian untuk Laporan Praktikum Sistem Digital dari kami, semoga postingan kami ini dapat bermanfaat dan semoga bisa menambah wawasan bagi pembaca dan tidak lupa semoga ilmu yang kita dapatkan menjadi berkah bagi diri kita sendiri dan kita dapat amalkan kepada orang lain yang membutuhkan, karena “Ilmu adalah Jendela Dunia”.
Terima kasih telah membaca artikel Laporan Praktikum Sistem Digital . Jika Anda ingin copy-paste / menyalin sebagian ataupun keseluruhan dari artikel ini, harap anda mencantumkan link berikut Laporan Praktikum Sistem Digital sebagai sumbernya atau anda bisa copy permalink dibawah ini.

0 comments "Laporan Praktikum Sistem Digital", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment